Senin, 16 Desember 2013

Menunggu Frigate Kelas Admiral Gorshkov TNI AL

 

Frigate kelas Admiral Gorshkov Project 22350 

TNI AL rupanya tertarik dengan Frigate Kelas Admiral Gorshkov sehingga pada tanggal 20 September 2013, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio mengunjungi Galangan Kapal Severnaya Verf, Saint Petersberg, Rusia.

frigat kelas Admiral Gorshkov  , juga dikenal sebagai Project 22350 , adalah kelas dari kapal dariAngkatan Laut Rusia . Mereka telah dirancang oleh Biro Desain Severnoye , Saint Petersburg , yang memimpin kapal yang bernama Sergey Gorshkov .

Desain

22350 proyek adalah penerus efektif dari kelas Krivak . Tidak seperti pendahulunya Soviet-era mereka kapal baru sengaja dirancang untuk melakukan peran ganda. Kapal-kapal yang dapat mengeksekusi serangan jarak jauh, melakukan perang anti-kapal selam dan untuk melaksanakan misi pendamping.

Produksi

Rusia Angkatan Laut telah menetapkan persyaratan untuk 20-30 kapal tersebut. Desain kapal, yang dikembangkan oleh Severnoye PKB (Desain Northern Bureau) FSUE di St Petersburg, telah disetujui oleh Naval Command pada bulan Juli 2003. Rencananya adalah untuk sepenuhnya menggantikan tuaProject 956 Sovremenny kapal perusak kelas dan Project 1135 Burevestnik frigat kelas dalam empat armada Rusia.
Kapal memimpin, Admiral Gorshkov (nama sebenarnya Admiral Armada dari Uni Soviet Gorshkov ), dibaringkan pada tanggal 1 Februari 2006 di Severnaya Verf Shipyard di St Petersburg. Pada akhir Oktober 2008 Rusia wakil perdana menteri , Sergei Ivanov , mengumumkan bahwa kapal pertama di kelas akan siap pada tahun 2011. Dia mengatakan pembangunan tepat waktu kapal tempur adalah tugas prioritas industri perkapalan Rusia. The lead tanggal kapal penyelesaian diumumkan pertama sebagai 2009, tetapi kemudian sebagai 2010, dan kemudian sebagai 2011. Laporan terbaru menyatakan bahwa kapal akan bergabung dengan Angkatan Laut Rusia pada bulan November 2013. 
Pada 24 Juni 2009, selama "МВМС-IMDS 2009" International Naval Expo, Panglima dari Angkatan Laut Rusia, Laksamana Vladimir Vysotsky , mengumumkan bahwa produksi kedua Admiral Gorshkov frigate kelas akan dimulai di Severnaya Verf galangan kapal di St Petersburg pada akhir tahun ini. Pada bulan November 2009 galangan kapal Severnaya Verf di St Petersburg mengumumkan bahwa mereka akan memulai pembangunan kapal kedua kelas Admiral Kasatonov pada 26 November.  Kapal itu ditetapkan dalam upacara yang dihadiri oleh perwakilan dari Angkatan Laut Rusia, administrasi St Petersburg, dan Laksamana Igor Kasatonov - anak senama kapal, Vladimir Kasatonov . Admiral Kasatonov . diharapkan untuk bergabung dengan armada pada tahun 2014 
Fregat pertama melayang keluar dari dermaga peluncuran pada tanggal 29 Oktober 2010. Kapal ini hanya 40 persen selesai dan kemudian mulai dilengkapi. [ 11 ] Saat ini, peralatan mekanik utama dan sistem menyediakan launching aman telah diinstal, termasuk diesel gabungan dan turbin gas (CODAG) powerplant, majelis gear, drive shaft dan sekrup, dan fasilitas penyediaan tenaga listrik. Bekerja lebih lanjut akan dilakukan di dermaga pas galangan kapal. 
Pada tanggal 21 Agustus 2012, galangan kapal Severnaya Verf announched bahwa mereka telah dibawa keluar dua pinjaman empat tahun senilai RUB 16.23bn (sekitar USD 509.88m) dari BUMN Sberbank . Uang tersebut akan digunakan pada pembangunan Admiral Gorshkov kelas. 
Antara dua puluh dan tiga puluh kapal yang akan dibangun untuk Angkatan Laut Rusia. The Northern Wharf Shipyard sejauh ini mengumumkan telah menerima pesanan untuk enam unit. 
Kapal dirancang berdasarkan frigate Project 11356 yang dibuat untuk AL India serta dilengkapi dengan teknologi siluman.

Frigate kelas Admiral Gorshkov Project 22350 berbobot 4500 ton, panjang 130 meter dan lebar 16 meter dengan maksimum jelajah 4500 nm.

Persenjataan utama frigate ini 8 rudal jelajah anti kapal SS-NX-26 Yakhont, satu kanon terbaru A-192 130 mm, satu sistem ASW (Anti-Submarine) Medvedka-2 dan sistem pertahanan udara jarak menengah Hurricane, satu helikopter Ka-32.
Admiral Gorshkov Kelas Frigate
Frigat Admiral Gorshkov Class (proyek 22.350) sedang dibangun oleh Severnaya Verf OJSC untuk Angkatan Laut Rusia. The multirole baru, jangka panjang frigat dapat digunakan dalam anti-kapal selam perang dan pengawalan operasi.
"Kapal ini adalah yang pertama jangka panjang maritim kapal permukaan sedang dibangun untuk Angkatan Laut Rusia dalam 15 tahun."
Pada bulan Oktober 2005 Kementerian Pertahanan Rusia memesan dengan Severnaya Verf untuk pembangunan kapal utama, Laksamana Gorshkov Sergei. Hal ini dinamakan komandan-in-chief dari Angkatan Laut Soviet.Kapal ini adalah yang pertama jangka panjang kapal permukaan maritim sedang dibangun untuk Angkatan Laut Rusia dalam 15 tahun.
Keel dari Laksamana Gorshkov Sergei, yang pertama dari dua frigat yang sedang dibangun, dibaringkan di Severnaya Verf Shipyard di St Petersburg pada bulan Februari 2006. Hal itu melayang dari dermaga peluncuran pada bulan Oktober 2010.
Kapal dijadwalkan untuk bergabung dengan Angkatan Laut Rusia pada bulan November 2013. Pembangunan kapal kedua, Laksamana Kasatonov, dimulai pada bulan November 2009. Kapal ini diharapkan akan diserahkan pada tahun 2014. Keel untuk kapal ketiga, Laksamana Golovko, dibaringkan pada Februari 2012.
The Angkatan Laut Rusia bermaksud untuk membangun 20 kapal dari kelas Gorshkov. Enam frigat yang akan dikirimkan pada tahun 2020. Kapal-kapal baru akan melayani Baltik, Laut Hitam, Utara dan armada Pasifik.

Desain frigat Angkatan Laut Rusia

Pada bulan Juli 2003 Rusia Naval Command menyetujui desain dasar kapal tersebut. Ini dikembangkan oleh FSUE Severnoye PKB (Desain Utara dan Biro Pengembangan) di St Petersburg. Desain didasarkan pada fregat Talwar / Krivak IV Kelas dikembangkan oleh Rusia untuk India dan menggabungkan teknologi siluman.
Gorshkov Kelas frigat dirancang untuk beroperasi di lingkungan multithreat dan dilengkapi dengan jarak jauh permukaan-ke-permukaan dan permukaan-ke-udara rudal, yang dapat menyerang beberapa target secara bersamaan.
The fregat memiliki panjang keseluruhan 130m, seberkas 16m dan draft 16m. Mereka memiliki rentang operasional lebih dari 4.000 mil dan perpindahan dari 4.500 t. Kecepatan maksimum kapal adalah 30kt. Mereka dapat menampung sekitar 200 awak kapal.

Teknologi Penanggulangan / sensor

Gorshkov Kelas frigat dilengkapi dengan 3D radar pencarian udara, Puma radar pengendalian kebakaran dan sonar suite dengan lambung-mount sonar dan LF LF VDS sonar. Mereka juga dilengkapi dengan Garpun-BAL SSM penargetan dan sistem kontrol SAM.

Senjata dan persenjataan dari jarak jauh frigat multirole

The Admiral Gorshkov Kelas kapal dilengkapi dengan 130mm senjata baru me-mount, sistem 30mm close-in senjata (CIWS) pistol dan delapan SS-NX-26 Yakhont anti-kapal rudal jelajah. Rudal Yakhont dapat ditembakkan terhadap sekelompok kapal permukaan dan kapal angkatan laut tunggal.
"The Angkatan Laut Rusia bermaksud untuk membangun 20 kapal dari kelas Gorshkov. Enam frigat yang akan dikirimkan pada tahun 2020."
Sistem senjata lainnya termasuk Medvedka-2 ASW (anti-kapal selam perang) sistem dan menengah sistem rudal pertahanan permukaan-ke-udara Hurricane. Kapal juga dapat dilengkapi dengan tabung torpedo 21in untuk membawa torpedo.
Gorshkov adalah satu-satunya kapal tempur Rusia harus dilengkapi dengan rudal BrahMos. BrahMos adalah rudal jelajah supersonik yang dikembangkan oleh BrahMos Aerospace, sebuah kolaborasi antara Rusia dan India.
Rudal itu memiliki jangkauan 180 mil (290km) dan mampu membawa hulu ledak konvensional hingga £ 660.
Tanah dan laut target dapat berhasil terkena rudal saat bepergian pada ketinggian serendah sepuluh meter (30ft) dan pada kecepatan Mach 2,8, tiga kali lebih cepat dari subsonik Tomahawk cruise rudal buatan AS. The Angkatan Laut Rusia berencana untuk melengkapi kapal dengan enam rudal BrahMos.

Propulsion dan kekuatan kapal Admiral Gorshkov Kelas

Helicopter_Russian_Navy
Frigat dilengkapi dengan turbin gas gabungan dan turbin gas (COGAG) sistem propulsi. Dua turbin gas cruise dan dua turbin gas dorongan akan terhubung melalui dua poros.
The COGAG propulsi lebih efisien daripada gabungan diesel dan gas (CODAG) dan sistem gabungan diesel atau gas (CODOG) propulsi. Sistem COGAG memberikan transit yang lebih ekonomis pada kecepatan pelayaran. Sistem propulsi menyediakan kecepatan maksimum 30kt.
The Gorshkov Class memiliki dek penerbangan belakang dan hanggar untuk membawa helikopter Ka-26/27 canggih. Helikopter dilengkapi dengan sistem radar yang mendeteksi dan melacak kapal selam.
Semoga, kedatangannya cukup memberi efek gentar bagi negara-negara tetangga yang 'nakal' yang mencoba mengutak-atik kedaulatan bangsa ini.

6 komentar:

  1. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  2. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan skor kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak artikel dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya peroleh secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam utang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke PERUSAHAAN LOAN KARINA ELENA ROLAND sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  3. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  4. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor akun: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum seperti saya memposting ini karena KARINA ELENA PERUSAHAAN PINJAMAN ROLOAND telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis saya sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Mahakuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  5. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus