Rabu, 29 Januari 2014

7 Kapal Selam Nuklir dari Inggris untuk TNI AL (HMS Astute)

Berita bergabungnya armada Kapal Selam Nuklir milik Inggris HMS Astute ke TNI AL bukanlah berita baru. Sejak ditandatangani pembelian tahun 2012, telah dikirim untuk memasuki layanan ke TNI AL pada bulan Agustus 2013. Dan diperkirakan akan menyusul datang lagi  di tahun 2014. Dan ditengah kehadiran Perdana Menteri Inggris bulan Januari 2014 di Jakarta rupanya diikuti pula dengan pengiriman Kapal Selam Nuklir ini. 
Kapal Selam seharga 1 Milliar Dollar US ini merupakan Flagship lain mendampingi Kapal Induk yang telah dibeli baru-baru ini. Mengingat ancaman yang semakin nyata terhadap kedaulatan NKRI, maka wajar kiranya pengadaan HMS Astute ini. Meskipun mahal, namun sangat ekonomis dalam pemakaian dikarenakan tidak memerlukan pengisian BBM dan mampu menyelam seumur hidupnya (25 tahun).
Diawali dengan krisis Ekonomi yang melanda Inggris di awal tahun 2011-2012 lalu, yang akhirnya harus menjual pesanan dari AL Inggris kepada Indonesia. Kapal Selam ini 100 % baru, bukan bekas pakai sehingga maintenance lebih mudah. 
HMS Astute merupakan kapal selam bertenaga nuklir di Royal Navy, kapal utama di kelasnya. Astute merupakan kapal selam kedua dari Royal Navy untuk diberi nama untuk karakteristik kelihaian dan penegasan. Yang pertama adalah Perang Dunia II Amphion kelas Astute. Dia adalah kapal selam serang terbesar Royal Navy

Dibangun sebagai penerus kelas Trafalgar, Astute adalah 50% lebih besar dari T-boats namun memiliki awak lebih kecil. Reaktor nuklir 7.400 ton Astute tidak akan perlu mengisi bahan bakar selama 25 tahun . Karena kapal selam dapat memurnikan air dan udara, ia akan mampu untuk mengelilingi planet tanpa muncul ke permukaan. Batas utama adalah bahwa kapal selam hanya akan mampu membawa pasokan tiga bulan 'makanan untuk 98 kru.
Astute memiliki penyimpanan untuk 38 senjata dan biasanya akan membawa dua Spearfish Heavy torpedo dan Block IV Tomahawk cruise missiles, yang terakhir biaya £ 870.000
setiap Astute diperintahkan dari GEC Marconi Kelautan (sekarang BAE Systems Submarine Solusi) pada tanggal 17 Maret 1997. Dia diletakkan di fasilitas BAE kapal selam di Barrow-in-Furness pada tanggal 31 Januari 2001, 100 tahun hari setelah diletakkan,HMS Astute ditempatkan untuk armada kapal selam pertama Royal Navy's Holland 1. Dia adalah kapal selam pertama yang dibangun di Inggris sejak HMS Vengeance pada tahun 1998.

Astute diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2007 oleh HRH The Duchess of Cornwall, 43 bulan terlambat dari jadwal . Peluncuran menarik lebih dari 10.000 penonton pembangun nya BAE Systems menggambarkan dirinya sebagai "kapal selam serangan terbesar dan paling mampu. Bahwa royal Navy telah beroperasi, dengan kinerja untuk menyaingi manapun di dunia ". 
Astute meninggalkan Barrow tanggal 15 November 2009 dan pada tanggal 20 November 2009, tiba di pelabuhan asalnya HMNB Clyde di Faslane.
Mulai tahun 2011-an, ia mulai tinggal 5-bulan di Uji bawah laut Atlantik Angkatan Laut AS dan Pusat Evaluasi di Bahama, di mana ia menembakkan Spearfish Heavy torpedo dan rudal Tomahawk.Astute meluncurkan dua Tomahawk, rudal pertama pada tanggal 15 November 2011. Mereka adalah kesembilan dan kesepuluh Angkatan Laut Royal Tomahawk uji coba penembakan. 
Pada bulan Februari 2012, Astute bertemu dengan USS Virginia kelas kapal selam New Mexico bawah air dalam Test Undersea Atlantik dan Pusat Evaluasi untuk serangkaian latihan perang. Hadir pula kepala Royal Navy, Laksamana Sir Mark Stanhope dan kepala Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Jonathan W. Greenert . Astute diserahkan kepada Angkatan Laut Kerajaan untuk layanan operasional pada akhir 2012.
Name: HMS Astute
Ordered: March 1997
Builder: BAE Systems Submarine Solutions,
Barrow-in-Furness
Laid down: 31 January 2001
Launched: 8 June 2007
Commissioned: 27 August 2010
Homeport: HM Naval Base Clyde
Identification: Pennant number: S119
Status: Commissioned

General characteristics

Class & type: Astute-class submarine
Displacement: 7,000 tonnes, surfaced
7,400 tonnes, dived
Length: 97 m (323 ft)
Beam: 11.3 m (37 ft)
Draught: 10 m (33 ft)
Propulsion: Rolls-Royce PWR2 reactor (with full submarine life core), MTU 600 kilowatt diesel generators
Speed: 29+ knots (54 km/h) submerged (design)
Range: Unlimited, except by food supplies and maintenance requirements
Complement: 98 officers and enlisted, capacity of 109 (All male)
Sensors and
processing systems: 
Thales Sonar 2076
Atlas DESO 25 echosounder
2 x Thales CM010 optronic masts
Raytheon Successor IFF
Armament: 
6 x 21-inch (533 mm) torpedo tubes with stowage for up to 38 weapons;
Tomahawk Block IV land-attack cruise missiles
Spearfish wire-guided heavyweight torpedoes

Meskipun ada opsi penambahan Kasel Nuklir dari Rusia, namun inipun dirasa sudah memadai. 

31 komentar:

  1. Mas broo..inpo kayak gini dpt dr mana..??
    memang sudah boleh dipublish yah.... saya sendiri juga sudah dengar berita ini dari dulu..tapi katanya mereka...jangan dipublish...ini rahasia negara....bgitu katanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq malah gk tau sma sekali, prnah aq baca dr kaskus topix trus aq posting di FP, malah bnyak yg bilang hoax. aq dianggep pembohong.
      klu mas tau info itu dr mana ?

      Hapus
    2. ya sumber jangan dari kaskus ama blog mas wong dari media aja suka ngawur kok wartawanya..sumber ga kredible=hoax..apagi sumbernya "katanya" kalo thesis langsung fail tuh.

      Hapus
    3. mas bro ... ini bukan hoax, tpi ini lah salah satu unit KS milik pertahanan RI dri sekian puluh KS yang ada. "Jalesveva Jayamahe"

      Hapus
  2. mimpi..lha wong aussi anak emasnya aja ngemis-ngemis minta ga dikasih,..lha emang kita sapa..hahaha

    BalasHapus
  3. info yg ni aku 100% ga p'caya

    BalasHapus
  4. kalo sy baca artkel "upaya pemenuhan MEF"
    sy hampir prcy

    BalasHapus
  5. kebanyakan ngimpi kali yaa...

    BalasHapus
  6. Palembang 1hari bisa bikin kapa selam ribuan aj pemdanya ga ribut..ini asli bukan hoax..sumpee

    BalasHapus
  7. Beritanya lumayan ngawoer dari segi speknya, astute yg dimaksud bukan ks nuklir kalee... yang ada uda teken kontrak 1,5M Pounds (dari paket 5M Pound , termasuk EF thypoon, startreak, MLRF dll), itu untuk 3 KS aja boss

    BalasHapus
  8. Semoga Betul...tapi yang pasti Ngawur Broo..

    BalasHapus
  9. Kapal selam diesel aja gak punya apa lagi nuklir itu cuman hoax

    BalasHapus
  10. Untuk yg udah pada komentar dan yg baru saja baca, coba kalian buka satu per satu isi dari blog ini. Supaya bisa menilai seperti apa blog ini dan kita hrs bagaimana bersikap setelah baca semua isinya hehe

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. korban a1 list narayana JKGR, tulisan dia soal su-35 desember 2014 aja gak kebukti malah sekarang di forum itu batang idungnya gak nongol ato nongol dgn nick laen

    BalasHapus
  13. Bener apa ga aku ga tau tapi aku betrimakasi bgt atas inpo ni.Ya,kyna si ga bener deh.Indonesia belum kelas punya KS Nuklir.Namun begitu moga ja bisa punya itu nanti.Sukur bisa bikin ndiri.Nwn.

    BalasHapus
  14. Utk Su-35 sdh ttd sebanyak 8-10 pesawat, jadi ndak bohong beneran dan Pak Pres sdh setuju tinggal kedatangan pak RR ke Rusia bulan maret 2016. Jadi ndak beli F-16 V, tetapi kalau diberi AS pesawat F-16 blok 70 TNI AU pasti mau beli juga...........

    BalasHapus
  15. Menurut saya blog ini benar.tahun 2012 saat eropa terkena krisis ekonomi adalah indonesia yg pada saat itu di pimpin pak.SBY yg menyelamatkan perekonomian eropa.inget gak di tahun 2012 pula pak SBY dapat gelar kesatria dari ratu inggris yg sebenarnya adalah saat itu indonesia saat di pimpin SBY dengan strateginya bersedia membantu eropa dengan cara bernegosiasi agar inggris mau menjual kapal selamnya kepada indonesia dan inggris pun meng iyakan.
    Satu lagi,pada saat krisis eropa kunci penting supaya eropa bertahan ada pada 2 negara yaitu inggris dan jerman.dan pada saat itu pula indonesia dengan kecerdikan SBY berhasil membeli tank leopard jerman yg katanya gak akan pernah di jual oleh jerman.
    Dan buat yg baru tau emang kabar seperri ini alangkah baik emang tidak di gembar gemborkan di media.

    BalasHapus
  16. mass broo .... ini rahasia pertahanan negara, jangan suka dipublish ... Negara lain saja setengah mati ingin tau aset pertahanan RI dan RI mati2an simpan rahasia ini, kok anda malah dengan senang hati mempublikasikan berita semacam ini. kalo anda miliki info tentang aset pertahanan negara ya cukup anda saja yg tau dan gak usah di posting di media umum.

    BalasHapus
  17. sangking pengen TNI punya alutista yg kuat.tapi sayang apa yg ada di benak pemilik artikel tidak ada di benak pemilik wewenang

    BalasHapus
  18. Biarkan yang rahasia tetap rahasia,tabah sampai akhir itulah motonya,seperti SBY yg trus di bully kelompok klompok yang tak mengerti termasuk kelompok projo yang terus sudutkan SBY seolah tak becus kerja.saya hanya sampaikan 1 indikasi saja pangkalan kapal selam di teluk majene dan sorong jadi acuan kuat bahwa smua tetaplah harus dirahasiakan.mengapa sorong krn dekat freport mengapa karena ada bahan bakarnya disana,ingat freeport tak hanya hasilkan emas.salam damai

    BalasHapus
  19. Kekuatan tempur indonesia saat ini berada 1 tingkat di atas cina dan itu kan bertambah jika indonesia bisa produksi sendiri,jika kita ingin wilayah nkri aman maka bersiaplah untuk perang.perang tak hanya gunakan senapan tank pesawat,kekuatan indonesia ini yang buat negara negara sekitar kawasan terdiam,bahkan saat xanana lihat parade tni di surabaya jelang masa pemerintahan sby berakhir takjub beda tentunya dengan hasal bolkiah yang memang warga kehormatan tni angkatan laut

    BalasHapus
  20. Info dari mana , Inggris aja cuma punya Vanguard class untuk Kapal selam tenaga nuklirnya..

    BalasHapus
  21. Info dari mana , Inggris aja cuma punya Vanguard class untuk Kapal selam tenaga nuklirnya..

    Portal Berita Online terpercaya

    BalasHapus
  22. Hendaknya sebagai warga negara yang setia, jangan menelanjangi negaranya atas nama publishitas. Karena negara juga memiliki kepentingan tersendiri demi stabilitas nasional, utamanya melindungi warga negaranya. Logika strategis jangan diintervensi dengan logika umum. Lagipula admin mengambil sumber darimana pemberitaan ini?

    BalasHapus
  23. Hati hati dalam menyuguhkan berita, janganlah hanya demi rating blog, nyawa bangsa negara ini harus dipertaruhkan yang harganya tentu jika kita bijak tidak sepadan dengan nyawa 260 juta. Ingat, untuk menjadi seorang pengkhianat tidak perlu menukar kesetiaan dengan tuan yang baru, tetapi mengobarkan polemik yang berujung pada konflik juga merupakan contoh perilaku pengkhianat. Kenapa? Betapa banyak diplomat dikirim untuk meluruskan pekerjaan media yang melibatkan nama negara? Dan berapa banyak tentara yang dikirim untuk menyelesaikan pekerjaan diplomat yang tidak bisa diselesaikan?

    BalasHapus
  24. Hihihi yg baca katanya pd ngga percaya ye?Sama jg saya sih.Mimpi apa apa kok selam nuklir,ngartinya aja kapal selam pempek Palembang,baru gw percaya,bisa ditawar lagi,ngga perlu ke Inggris broo.Mbroo.Mana ada duitnya,jual pulau Kalimantan aja bakalan masih ngutang,yg diurusin politik yg bakalan rame,duit negara pd abis bwt politik,bye utang dan korupsi berjamaah mana kebeli,klo beli barang demennya yg bekas mulu.Hahaha mimpi di siang bolong nih ye

    BalasHapus
  25. Benar atau tidaknya artikel ini, yang jelas positif saja : Mari Kita Berdoa supaya Indonesia bisa Punya Kapal Selam Nuklir Buatan Sendiri, Amin.

    Kenapa buatan sendiri ?
    Karena setahu saya nggak ada negara yg menjual kapal selam nuklir, kalaupun ada, resiko di embargo sangat besar apalagi kalo beli dari negara barat.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus