Senin, 06 Januari 2014

PREDIKSI PESAWAT TEMPUR TNI AU MEF 1 (2014)

Penguatan alutsista TNI di segala matra telah menunjukkan hasilnya, ditandai dengan kegugupan negara tetangga terutama Australia dan Singapura dalam mencermati perkuatan militer Indonesia. Mereka telah memesan pesawat generasi 5 yakni F35 SVTOL yang menggunakan mesin tunggal layaknya F16 dan bukannya F22 Raptor yang bermesin ganda. 
Untuk TNI AU akan dibagi menjadi 3 kelas, yakni kelas berat (heavy), menengah (medium) dan ringan (light). Masing-masing memiliki peran yang berbeda dan tidak layak untuk dibanding-bandingkan. Tentulah ini sudah menjadi strategi Kemenhan dan jajarannya, terutama TNI AU. 
TNI Inginkan Pesawat Sukhoi SU-35
Untuk kelas berat diisi oleh Flanker Family yakni Su 27 SKM, Su 30 MK2, Su 34 Platypus, Su 35S, dan T 50 Pakfa. Untuk yang IFX dan Srikandi masih dalam pengembangan, meskipun sudah ada prototipenya, namun belum dapat dioperasikan secara penuh. Sedangkan Rafale dan Eurofighter Thypoon belum akan operasional dalam waktu dekat. Jumlah pastinya untuk Sukhoi Family masing-masing tipe 1 skuadron, diluar dari pesanan yang akan datang tahun berikutnya. Adapun untuk Tu 22 Backfire secara pastinya masih disembunyikan, kalaupun terbang hanya 1 flight saja (4-6 unit).
 

Kelas medium (menengah) akan diisi oleh F16 baik blok 15 maupun blok 24 yang diupgrade menjadi blok 52/60, JAS 39 C/D danatau Gripen NG, Bango (J10 BD). Jumlah dari F16 secara total sampai 2014 adalah 2 skuadron besar, JAS 39 C/D 1 skuadron kecil, dan Bango 2 skuadron besar. 
 gripen-ng

Kelas light (ringan) diisi oleh T50i sebanyak 1 skuadron kecil, Super Tucano 1 skuadron kecil, F5 Tiger, Hawk 100/200 dan juga YAK 130..
T-50 Golden Eagle

Meskipun ada opsi penambahan pespur lain yakni F35 seperti punya tetangga dan F15 namun dapat dipastikan kandas dikarenakan fitur-fiturnya telah didowngrade selain juga karena ancaman embargo seperti yang sudah-sudah. Semoga apa yang SBY perjuangkan selama ini akan diteruskan pemimpin selanjutnya untuk memodernisasi alutsista TNI demi menjaga kedaulatan NKRI tercinta ini. Semoga mimpi kejayaan NKRI menjadi kenyataan, Aamiin.

7 komentar:

  1. Duite sopo mas...wes onani nya mas.

    BalasHapus
  2. JIKA BENAR PEMBELIAN PESPUR TNI,KAMI SGT BERSYUKUR PADA AKHHIRNYA PEMIMPIN KITA BENAR2 PAHLAWAN.

    BalasHapus
  3. yang jelas kita beli SU - 35, PAK FA 50 masih tunggu dan pemerintahan siap utk ToTnya dr Rusia. Agar para penggemar Sukoi dpt terpuaskan

    BalasHapus
  4. yang jelas kita beli SU - 35, PAK FA 50 masih tunggu dan pemerintahan siap utk ToTnya dr Rusia. Agar para penggemar Sukoi dpt terpuaskan

    BalasHapus
  5. kita mungkin memiliki alutsista ghoib yg tidak dpulikasikan

    BalasHapus